rambut oh rambut

yup. baca judul di atas udah pasti bahasannya tentang rambut...
rambut kan luas ya, mari kita persempit lagi jadi rambut kepala

jadi gini, udah 3 tahunan ini (mungkin lebih) rambut aku rontok parah dan aku rasa semakin parah. gimana enggak? kapanpun dimanapun pasti ada aja rambut berguguran. dulu inget banget waktu potong rambut di salon (iyalah, masak di toko besi), mbaknya sambil ngeramasin terus nyisirin bilang : "mbak rambutnya rontok banget, ini potong agak pendek ya, ga kuat akarnya kalo kepanjangan." aku ikutlah kata si mbaknya buat potong pendek ya sebahu lebih lah.
tapi ya tetep rontok. rambut makin panjang. semakin kesini rontoknya makin parah. apalagi waktu kramas. sekali tarik bisa 10 biji rambut hengkang semua. kan sedih :''(
maka dari itu aku juga ga berani nyisir rambut, nyisir rambut itu jarang banget, soalnya disisir pake jari yang pelan2 aja udah pasti banyak rontoknya, pernah habis kramas ngitung bisa hampir 100 rambut copot. ini udah bukan sedih lagi namanya, tapi n.g.e.r.i !!!
ga tahan. aku potong rambut lagi tapi sedada...emmm...di atas dada. baiklah. jangan dibahas dadanya. skip ajah.
lalu berangkatlah aku ke dokter syantiquee, namanya dokter kulit etnawati di bumijo. doi eh beliau kerja di sardjito tapi buka praktek sendiri gitu di bumijo, dan fyi antriannya busyet ramai cekaliwwh (alay kumat). harus daftar jam 9 pagi buat priksa sorenya. buka senin-selasa-kamis-jumat jam 4-9 malem, daftar jam 9 paginya buat 30 pendaftar ajaahhh... biasanya jam 9.30 udah sold ouuutt!
ok, cukup promote dr etna nya.
ncus
jadi kesana pertama2 mau silaturahmi sama dokter cantik,
kedua, ngontrol jerawatku yang krg lbh sebulan kehabisan obat jadi pada muncul kecil2 gitu
ketiga, aku mengutarakan keluh kesah rambut rontokku:
me: "dok, ini rambut aku rontok banget dok"
dr: "udah berapa lama rontoknya?"
me: "...(mikir)...(bingung)...(blank)...(mikir)...setahun dok, yaaa dua tahun lah kira2" >> (baru sadar sekarang kalo rontoknya udah 3 tahunan lebih. bodoh kaliiw)... Ohya dok, rontok itu penyebabnya apa ya?"
dr: "banyak faktornya. bisa jadi karena stress, ada sakit, atau rambutnya sedang dalam fase istirahat. rambut ada fase pertumbuhan terus ada fase istirahat. mungkin rambutmu sdg dlm fase istirahat, jadi kesannya rontok parah karena rontoknya rame2."
me: "kalau rambut rontok gitu faktor gen juga bukan dok?"
dr: "ada saudara yang botak? paman mungkin, ayah, kakeknya, pakdhenya?"
me : "...(mikir)...(blank)...(mikir)... ga ada tuh dok. ayah saya udah 50tahunan lebih tapi enggak botak. masih ada rambutnya. tapi ibu saya memang rontok ga parah kaya saya">> di mobil waktu pulang baru inget kalo kakak ayah saya botak. oke sip nggi.
dr: " ohyaya... (sambil ngetik di laptop apa komputer gitu, lupa)..."
terus si dokter menghampiri dan ambil satu rambut dengan mudahnya dari kepala aku
dr: "ini rambut mati (sambil nunjukkin sehelai rambutku). ini kalo ujung akarnya warna putih berarti rambut mati"
me : "...(gumun)...(agak shocked)... oh gt ya dok...)
si dokter bawa pergi rambutku buat disantet...eh salah cerita...dokter kaya lagi bawa rambutku mungkin diidentifikasi gitu...semenit dia langsung balik lagi
me:" takutnya kalau rontok gt habis rambutnya dok. kmrn habis potong rambut mbaknya bilang tipis banget rambutnya. makanya ini dipriksain dok...">> ceritanya ngadu
dr:"takut habis ya rambutnya... ya ini nanti saya beri kapsul minum sama hair tonic. kalau bisa rambutnya dipotong pendek. biar sambil panjang sambil diobatin. soalnya kalau kepanjangan kan berat akarnya"
me:" ya dok"
dr: "kamu kekurangan darah ya?"
me:" (bingung)...ga tau dok"
dr: " belum pernah cek hb ya?"
me:" belum dok. kekurangan darah tuh gmn?"
dr:"ya agak pusing."
me : " ya memang akhir2 ini agak pusing sih dok. soalnya begadang akhir2 ini."
dr:"besok selama mens minum sangobiun ya buat penambah darah"
me:"ohya dok"
dr: "sama makan yang tinggi protein. tapi krn km ada jrwt jd jangan minum susu sapi. minum susu kedelai, makan tahu tempe." >> maaf dok selama ini laranganmu kumakan dan kuminum. ga tahan dok ga tahan...
me:"ohya dok, kalau shampoo gt ngaruh ga ya. harus pake yang untuk rontok atau gmn?"
dr:" enggak ngaruh kok"
me: "kalau shampoo nya gonta ganti gpp dok?"
dr: "ya pakai yang cocok saja"(sambil nulis resep)

alhasil dikasi resep:
1. obat kapsul minum 3x sehari namanya pantogar. diminum sebulan. tp diresepin buat 10 hari dulu. harganya 200rban yang buat 10 hari itu



btw entah kenapa foto pantogar sama si harimau putih. abaikan lah yaa

2. serum yang harganya 560rb sekian >> ini yang bikin sedih

ya percakapannya sih kebolak-balik dan ga sepersis itu. tapi ya begitulah kira2 informasinya...

dan sekarang aku sedang menjalani proses ikhtiar ini... mungkin sbntr lagi mau potong lebih dipendekin lagi tapi ga berani pendek2. doakeuuuunhhhhh... rambut datanglah! ini perjuangan ibumu untuk mendapatkanmu naaak!!! datanglaaah!!! aamiin.

up